Komunikasi bisnis

Tahukah Anda Apa itu komunikasi bisnis? Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang berguna menciptakan kerja sama untuk promosi suatu gagasan. Komunikasi ini juga sebagai promosi produk dan servis dengan tujuan untuk mendapatkan nilai bagi sebuah bisnis yang sedang digeluti. Komunikasi bisnis dijalankan sebagai strategi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Komunikasi bisnis adalah cara efektif dalam berbisnis.
Setiap orang selalu menginginkan dapat melakukan komunikasi dengan baik, tak terkecuali dengan komunikasi yang dilakukan saat berbisnis. Namun terkadang terdapat beberapa hambatan saat melakukan komunikasi tersebut. Hambatan tersebut antara lain:
1.    Hambatan Teknis
Hambatan teknis merupakan hambatan yang hadir karena faktor lingkungan. Biasanya lingkungan memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan.

2.    Hambatan Semantik
Hambatan ini berupa adanya mis komunikasi karena bahasa yang digunakan kurang menyampaikan maksud dari apa yang ingin disampaikan.
3.    Hambatan Manusiawi
Hambatan ini muncul karena adanya masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut.
Dalam hal berkomunikasi bisnis, sebaiknya memperhatikan informasi yang akan disampaikan. Dengan memperhatikan informasi tersebut, diharapkan komunikasi bisnis yang terjadi akan menjadi sempurna. Untuk itu, informasi atau pesan yang akan disampaikan harus mencantumkan persyaratan antara lain:
1.    Completeness (Lengkap)
Kelengkapan yang dimaksud yakni berisikan kelengkapan materi-materi yang dibutuhkan agar si penerima dapat menanggapi sesuai dengan yang diinginkan.
2.    Conciness (Singkat)
Maksudnya yakni saat menyampaikan informasi hendaknya tidak bertele-tele, namun dengan menggunakan bahasa yang singkat.
3.    Consideration (Pertimbangan)
Penerapan empati yang menimbang-nimbang dan mementingkan si penerima pesan hendaknya menjadi bagian dari penyampaian informasi dalam berkomunikasi.
4.    Concreteness (Konkrit)
Saat menyampaikan pesan dilakukan menggunakan bahasa yang jelas.
5.    Clarity (Jelas)
Dalam berkomunikasi bisnis, hendaknya menggunakan bahasasederhana, singkat, padat dan memiliki makna jelas.
6.    Courtessy (Kesopanan)
Saat menyampaikan pesan atau informasi hendaknya disampaikan dengan bahasa dan gaya yang sopan. Hal ini dimaksudkan agar timbul kerja samayang baik dalam komunikasi bisnis.

7.    Correctness (Ketelitian)
Untuk informasi yang disampaikan melalui tulisan hendaknya disajikan seteliti mungkin yakni dengan memperhatikan tata bahasa yang digunakan kalimat yang baik.
Komunikasi bisnis yang baik dalam suatu perusahaan akan menghasilkan beberapa nilai positif yang terjadi di dalam perusahaan tersebut. Berikut nilai-nilai positif tersebut.
  1.    Jika komunikasi sukses maka akan membantu dalam penyelesaian masalah.  
  2.    Komunikasi yang baik juga akan memperkuat dalam pengambilan keputusan.  
  3.    Meningkatkan profesionalisme kerja
  4.    Memberikan respon positif kepada pihak luar perusahaan (dalam hal ini stakeholder).  
  5.    Meningkatkan produktifitas.  
  6.    Memperkuat hubungan bisnis yang sudah ada.
                        

No comments:

Post a Comment

Jangan Buang Kesempatan anda untuk membeli produk-produk berkualitas dan terpercaya hanya di AMAZOM